Penyebab Tinta Printer Tidak Keluar dan Cara Mengatasinya

Persoalan tentang printer tidak ada habis-habisnya. Apa itu printer, bagi sobat yang yang belum tahu apa itu printer berikut pada pendahuluan artikel ini akan saya jelaskan. Printer adalah sebuah perangkat keras yang dapat terhubung pada komputer, yang biasa digunakan untuk mencetak ataupun menampilkan apa yang hendak dicetak pada selembar kertas.

Tidak hanya bentuk tulisan yang dapat dicetak namun juga dapat mencetak gambar, dapat dengan mudah untuk menampilkan hasil pekerjaan kita baik dokumen maupun foto dalam sebuah cetakan
Tinta Printer Tidak Keluar
Printer


Namun, printer hanyalah sebuah perangkat yang dibuat oleh manusia dan pasti juga akan mengalami beberapa masalah dan bahkan kerusakan, salah satu masalah yang sering terjadi yakni tinta printer tidak dapat keluar secara maksimal. Printer inkjet merupakan sebuah printer yang menggunakan tinta cair, cara kerja dari printer ini adalah dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas yang sudah dijadikan tempat untuk mencetak.

Hasil printout dengan tinta berupa tinta cair membutuhkan waktu beberapa detik saja, sebelum tinta yang menempel pada media cetak berupa kertas menjadi kering serta tidak rusak bila disentuh. Yang menjadi persoalan dari printer inkjet adalah printer ini sering sekali mengalami kerusakan yang mengakibatkan terjadinya suatu penyumbatan pada saluran tempat tinta keluar.

Penyebab Tinta Printer Tidak Keluar dan Cara Mengatasinya

Penyebab dari adalah dari  banyaknya penumpukan tinta yang telah mengering pada saluran tersebut, sehingga membuat tinta cair tidak dapat keluar.
Alasan Kenapa Tinta Printer Tidak dapat Keluar ?

  1. Pastikan terlebih dahulu kondisi tinta cair pada printer masih ada, bila perlu anda ingat-ingat kembali trakhir kali anda mengisi tinta cair pada printer serta seberapa banyak dari tinta tersebut yang digunakan untuk mencetak. Coba mengisi tinta, maka isilah tinta dalah tabung printer kira-kira 3 ml, jangan terlalu banyak mengisi tinta karena dapat meluap dan mengakibatkan kebocoran. Langkah ini dilakukan apabila tidak menggunakan modifikasi pada printer, dan menggunakan mode manual untuk mengisi tinta.
  2. Apabila kondisi tinta cair masih ada, namin tidak keluar. Cobalah untuk melepaskan cartridge lalu lihatlah pada bagian bawah apakah terdapat tinta di dalamnya. Apa bila tinta luber sebaiknya lap tinta tersebut menggunakan tisu, setelah itu pasang kembali cartrigde pada printer.
  3. Apabila cara pada langkah ke 1 dan 2 sudah anda lakukan, namun tetap saja tinta pada printer tidak mau keluar, Coba ganti pengaturan untuk meningkatkan kualitas cetakannya manjadi lebih baik lagi melalui menu properties, lalu pilih tab utama, setelah itu ganti dari standar menjadi high, setelah itu pilih ok.
  4. Apa bila masalah yang dialami masih belum terselesaikan juga, mungkin anda harus mencoba untuk mengecek mulut semprot dari tab perawatan, lalu bersihkanlah, setelah itu cobalah untuk mengeprint, biasanya akan muncul tulisan meskipun hasilnya belum maksimal.


Semoga artikel tentang Penyebab Tinta Printer Tidak Keluar dan Cara Mengatasinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua, khusus bagi kalian yang sering membaca artikel pada blog sobatops.com akan saya bagikan trik membuat cairan pembersih catridge atau head printer sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel