Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop

Salam Satu Data,
Assalamu'alaikum waroh matullohi wabarukatuh dan salam sejahtera Bapak atau Ibu Operator Sekolah,  di Seluruh Tanah Air indonesia. Semoga selalu diberi kesehatan  dan rizky barokah dalam menjalankan rutinitas sebagai khususnya Operator.

"bang OP, kok gitu-gitu terus sih salam pembukanya?"
Terima kasih atas petanyaanya, ini blog memang dibuat khusus buat tenaga operator sekolah, yang isinya banyak berkaitan tentang tutorial, tips tugas-tugas sebagai operator sekolah. Namun jika ada teman-teman lain yang bukan operator sekolah, saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Kembali pada topik bahasan, post kali ini akan membahas tentang Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop yang sumbernya dari beberapa blog dan website di internet. Apabila Anda mengalami kerusakan pada Laptop khususnya jangan langsung dibawa ke tempat reparasi. Coba dulu analisa dan memperbaiki sendiri secara otodidak, "Sungguh keberuntungan bisa belajar sambil praktik" dan mudah-mudahan itu tidak terjadi.

Apabila kita cermati sebenarnya ada  ciri kerusakan pada Laptop yang biasanya kita jumpai. Dengan menganilisa kemudian mengabil kesimpulan  jenis kerusakan tentunya akan mempermudah untuk memperbaiki kerusakan secara cepat.

Apa saja ciri-ciri kerusakan laptop?
Biasanya ada beberapa Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop  yang sering terjadi :
1. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - LCD  : 
Apabila pada Layar monitor tidak mucul gambar, menyala namun keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris / acak.
Cara Mengatasinya :  Pertama buka Casing laptop dengan peralatan yang memadai, jangan pernah memaksa atau memperkosa baut-baut pengunci cassing karena dapat menyebabkan alur - alur dratnya dool, kemudian cek kabel  konektor ataupun soket-soket yg berhubungan dengan monitor, kemduian silahkan menghidupkan kembali apakah ada perubahan atau tidak, jika tidak coba cari referensi lain.

2. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - Keyboard Laptop :
Sering terjadi tombol-tombol keyboard laptop tidak berfungsi secara normal atau butuh penekanan secara kasar baru bisa digunakan, permasalahan lain sering keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, masalah lainnya cursor berjalan tidak stabil  bergerak sendiri. Kerusakan yang lebih parah lagi  biasanya konslet dan ini menyebabkan Laptop  setelah booting, restart-restart terus.
Cara Mengatasinya : Silahkan bersihkan keyboar dengan syarat kondisi laptop tidak menyala, periksa apakah ada kotoran, jika memiliki vakum cleaner atau penyedot debu coba bersihkan keyboar dengan alat tersebut.

3. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop -  Memory Laptop:
Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.

4. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - Motherboard / IC regulator Laptop :
Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi.

5. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - Charger  :
Batere tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil.

6. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop  - DVD / CD room Laptop :
Tidak mau membaca CD, indikator CD off.

7. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - Hardisk Laptop  :
Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri.

8. Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop - Chipset / VGA Laptop :
Layar tidak tampil, kalaupun tampil tidak mau akses ke Bios. Ada terdengar suara beep secara beraturan.

Penjelasan di atas merupakan cirri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptopk secara hardware.
Sedangkan ciri-ciri kerusakan laptop / notebook secara software antara lain :
1. Tidak mau booting ke OS
2. Pada Loading awal desktop banyak informasi error
3. Proses Loading sangat Lambat
4. Tidak bisa membuka Aplikasi
5. Flasdisk Tidak bisa di baca
6. Folder Option pada Explorer Tidak bisa di buka
7. File regedit tidak bisa di eksekusi

Semoga artikel tentang Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop dapat bermanfaat, dan saya minta maaf apabila ada kata-kata atau penulisan yang kurang tepat, itu semua karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, karena saya bukan tukang reparasi. Dan mudah-mudahan ini dapat menjadi salah satu referensi ketika Anda menemui kendala pada Laptop yang digunakan.

Salam Satu Data. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel