9 Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama

 Salam Satu Data,
Assalamu'alaikum waroh matullohi wabarukatuh dan salam sejahtera Bapak / Ibu Operator Sekolah di Seleuruh Tanah Air indonesia. Pada saat membacara artikel ini  dan anda bertugas sebagai Operator Sekolah maka berbanggalah karena tugas sebagai operator sekolah merupakan tugas yang mulia.

Kali ini saya ingin berbagi kepada Bapak dan Ibu Operator Sekolah diseluruh nusantara, tentang bagaimana sih caranya supaya baterai laptop tahan lama? Daya tahan baterai laptop merupakan hal penting yang harus bapak dan ibu operator sekolah perhatikan, selain cara merawat laptop agat awet menjaga daya tahan baterai juga harus diperhatikan.

Apabila baterai laptop kurang mendapat perhatian dalam pemakaiannya, maka daya tahan baterai tersebut tidak akan lama, dan ini akan menghambat pekerjaan  Anda sebagai Operator Sekolah, karena kemana-mana harus membawa charger, dan apabila tidak ada saluran listrik tersedia maka bapak dan ibu operator sekolah akan terhambat mengerjatan tugas-tugasnya.
 
cara agar baterai laptop tahan lama
cara agar baterai laptop tahan lama
Sebenarnya menjaga baterai laptop agat tahan lama cukup mudah asalkan kita mematuhi aturan-aturan dan melakukan perawatan dengan baik, maka baterai laptop Anda akan awt
Berikut ini adalah  Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

1. Selalu mmbersihkan Laptop Secara Teratur
Tidak hanya Bapak dan ibu operator saya juga sama, sebelum mengalami peristiwa tidak menyenangkan saya juga jarang sekali membersihkan laptop saya, sampai suatu ketika terjadi masalah pada laptop saya, baru sadar pentingnya menjaga kebersihan laptop.
Apabila lubang pembuangan atau lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu maka hal ini akan membuat laptop cepat panas dan memaksa kipas pendingin bekerja lebih keras. Hal ini membuat penggunaan daya baterai laptop Anda lebih cepat habis. Maka untuk mengatasi hal tersebut, pastikan Bapak dan Ibu operator sekolah rajin-rajin membersihkan laptop terutama di daerah lubang ventilasinya.

2. Turunkan Brightness Layar
Menurunkan tampilan kecerahan layar laptop merupakan cara kedua untuk mengatasi  penggunaan cukup banyak daya baterai laptop Anda. Dengan menurunkan pencahayaan atau brightness pada tampilan layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop Anda lebih awet.
Tulisan semakin tidak jelas?
Usahakan bekerja menggunakan laptop dengan intensitas cahaya yang cukup dari lampu selain ini akan membuat anda terhindar dari gangguan penyakit mata.

3. Kurangi  Menggunakan CD/DVD
Saat menggunakan CD/DVD-ROM proses ini akan sangat cepat dalam mengurati daya yang dimiliki  baterai. Apbila penggunaanya tidak dibutuhkan, usahakan tidak  menggunakan CD/DVD-ROM, apabila diharuskan membaca file dari CD/DVD usahakan menggunakan Komputer PC agar bateri Daya tahan isi baterai Lapop awet.

Note :
Hal ini sering terjadi, jangan sampai lupa CD/DVD-ROM tertinggal dalam laptop.

4. Gunakan Sleep Mode
Pada saat laptop start atau dinyalakan laptop cukup memakan banyak daya isi power baterai. Hal tersebut dapat Bapak dan Ibu Operator sekolah siasati, dengan  menggunakan sleep mode saat mematikan laptop. Ketika laptop berada di sleep mode, laptop menggunakan energi baterai yang sangat rendah.

Semua file dan program yang sedang terbuka akan disimpan di memori sementara. Ketika Anda menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan. Selain praktis dan hewat dari pada menunggu waktu restart, sleep mode juga bisa menghemat penggunaan baterai. Tetapi ingat, trik ini hanya efektif jika Anda berencana menggunakan laptop beberapa waktu setelah laptop dimatikan. Jika Anda ingin mematikan laptop dalam jangka waktu lama, gunakan menu shutdown seperti biasa.

5. Tutup Program yang Tidak Perlu

Seringkali kita membuka banyak program yang tidak kita gunakan. Dan terkadang kita lupa banyak aplikasi yang sedang proses yang tidak kita perlukan berjalan secara background. Mematikan Aplikasi  program dan proses Aplikasi yang tidak perlu tersebut bisa membantu mengurangi penggunaan baterai laptop secara signifikan.

6. Cabut Perangkat USB
Pastikan Anda mencabut perangkat USB yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya saja Anda mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, cabut perangkat tersebut sesaat setelah mengcopy file. Setiap perangkat USB membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop Anda cepat habis.

7. Lakukan Pengaturan Power-Savings
Hampir di setiap sistem operasi pasti ada menu pengaturan power-savings. Aturlah setiap fitur power-savings tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan, dll. Pengaturan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisa
membuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

8. Matikan Wireless Card
Wireless card sangat menguras habis power dari baterai laptop, bahkan ketika Anda tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Jika memang tidak sedang dibutuhkan, pastikan Anda mematikan Wireless Card laptop Anda.

9. Defrag Hardisk
File yang terfragmentasi membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Hasilnya, hardisk akan memerlukan power baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya,Anda bisa melakukan defrag hardisk ketika laptop Anda sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, jangan melakukan defrag saat laptop tidak terhubung dengan listrik. Proses defrag memerlukan power yang cukup besar dan bisa membuat power baterai laptop habis dalam waktu singkat.

Note :
Bersihkan Baterai,  kutub baterai seringkali kotor karena berbagai debu dan kotoran. Hal ini bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.
Sekian 10 Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama. Semoga tips yang saya berikan bermanfaat dan baterai laptop Anda lebih awet.


6. Mencabut Perangkat USB
Selalu melepas dan mencabut perangkat USB baik charger HP, Flasdish apabila tidak diperlukan. Setelah Bapak dan Ibu Operator Sekolah selesai  mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, saya sarankan lekas mencabut perangkat tersebut sesaat setelah mengcopy file. Setiap perangkat USB yang terkoneksi dengan laptop akan membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop Anda cepat habis.

7. Setting dalam Pengaturan Power-Savings
Pengaturan Power Saving sudah ada disemua  sistem operasi  maka hal ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan menyeting layar dengan waktu tepat kapan akan diredupkan atau dimatikan, waktu tempat mematikan hardisk akan dimatikan dan pengaturan lainnya. Setting  yang tepat sesuai dengan keperluan bisamembuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

8. Matikan Wireless Card
Dengan menghidupkan Wireless card akan dapat mempercepat  daya habis dari power dari baterai laptop, bahkan ketika Anda tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Apabila tidak ada manfaatnya atau sedang tidak diperlukan lebih baik  pastikan Anda mematikan Wireless Card laptop Anda.

9. Defrag Hardisk
Apa hubungan defragment file dengan  menghemat daya atau penggunaan power baterai. Isi file yang tersusun rapi akan  membuat hardisk bekerja lebih ringan. Hardisk harus menemukan file yang tidak tersusun  tersebut dan menyatukannya ketika diakses ini akan membuat hardis akan bekerja dengan keras sehingga memerlukan power baterai yang lebih besar. Anda bisa melakukan defragment file pada hardisk ketika laptop Anda sedang terhubung dengan power listrik.

Note :
Jangan melakukan defragment file  saat laptop tidak terhubung dengan arus listrik. Proses defrag karena memerlukan power yang cukup besar dan bisa membuat power baterai laptop habis dalam waktu singkat.
Bersihkan Baterai,  selalu kutub baterai seringkali kotor karena berbagai debu dan kotoran. Dengan melakukan ini bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Membersihkan bagian logam kutub baterai yang benar dan sangat disarankan adalah dengan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.

Semoga artikel tentang 9 Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama dapat sebagai Pedoman pelaksanaan Pengerjaan Aplikasi dapoodik di Lembaga Bapak / Ibu Operator semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel