8 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet

Salam satu data
Assalamu’alaikum waroh matullohi wabarokatuh, dan salam sejahtera bagi yang beragama lain. Semoga pada saat membaca artikel ini dalam kondisi yang sehat wal afiat. Aaminn.

Perlu Bapak dan Ibu operator sekolah ketahui bahwa kegunaan Flashdisk banyak sekali manfaatnya, dengan menggunakan media Flashdisk Anda tidak perlu lagi menggunakan disket atau pun CD/DVD untuk menyimpan file, dengan Flashdisk kita dapat menyimpan dan menghapus file atau data penting yang sant mudah sekali untuk mentransfer file atau data tersebut pada hardware lain.
8 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet
8 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet
Flashdisk yang ada sekarang memiliki beragam jenis dan merek, tidak hanya itu bentuknya pun semakin praktis dan unik, kapasitas penyimpanan semakin besar dengan harga terjangkau. Sama dengan Dikset ataupun CD/DVD, Flashdisk dapat rusak atau tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, kita harus menjaga Flashdisk agar tetap awet.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak Anda inginkan ada baiknya memiliki backup data dari Flashdisk yang kita gunakan,  jadi ketika Flashdisk kita tidak bingung jika data tersebut hilang. Berikut ini adalah cara merawat Flashdisk agat tetap awet yang saya rangkum dari beberapa situs blog dan mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. 8 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet :
1. Menjauhkan Flashdisk dari Maget.
Jauhkan Flashdisk dari medan magnet yang kuat, banyak barang elektronik seperti TV dan HP, Speaker Aktif dan lain sebagainya yang mengandung medan magnet dan akan mempengaruhi daya tahan dari flashdisk. Oleh karena itu, jangan meletakkan USB Flashdisk dekat  dengan barang-barang elektronik dan  sejenisnya  yang memiliki kekuatan magnet yang besar. Sebagai manusia, kita kadang sering lupa jika meletakkan USB flashdisk dan handphone di tempat yang sama di dalam tas. Karena faktor tersebut  flashdisk Anda tidak akan bertahan lama, jangan lagi menyimpannya di tempat yang sama.

2. Hindarikan USB Flashdisk dari Air.
Ada beberapa merek dari Flashdisk yang mempromosikan jika  produknya waterproof (tahan air), namun, menjauhkan flashdisk dari  air tetap saja menjadi langkah yang paling aman agar fashdisk tetap awet. Hal ini untuk mencegah data hilang atau flashdisk  rusak, sehingga lebih baik jangan ambil resiko untuk hal ini.

3. Melakukan scanning virus.
Perlu bapak dan ibu operator sekolah perhatikan, apabila mengcopy data, menyimpan data dari PC ke dalam USB flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah, tetapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apabila mengunduh file dari internet saya sarankan untuk menyecan terlebih dahulu sebelum menyimpan file tersebut atau membukanya pada laptop agat aman..

4. Lakukan proses eject dan stop.
Lakukan  proses eject dan stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb Laptop atau computer PC Anda. Karena hal ini dapat menjadi faktor penyebab flashdisk Anda rusak secara fisik, tidak melakukan proses eject dan stop juga dapat mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.

5. Hidarkan Flashdisk dari Suhu Udara yang panas.
USB flashdisk sangat rentan dengan suhu panas, apalagi bila terkena sinar matahari secara langsung dalam kurun waktu yang lama. Jadi usahakan tidak menyimpannya di tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung, misalnya meninggalkan flashdisk di mobil.

6. Hindari dari benturan yang keras.
Jangan sampai Flashdisk anda jatuh atau Flashdisk yang terkena benturan keras, karena peristiwa sering jatuhnya flashdisk akan beresiko besar untuk kehilangan data atau akan mengalami kerusakan secara fisik. Jadi harus berhati-hati memegangnya jangan sampai jatuh di tempat yang keras.

7. Usahakan agar selalu tertutup.
Udara dan lingkungan kita penuh dengan kotoran dan debu. Apabila flashdisk kotor pada ujungnya maka ush flashdisk tidak dapat terdeteksi dan terbaca. Apabila tidak sedang dipakai,  agar selalu tertutup agar tidak kotor.

8. Minimalkan Proses Menulis dan Menghapus Data
Sebenarnya USB Flashdisk juga memiliki usia sepertihalnya kita, pada akhrinya nanti  flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung  cara perawatan dan kualitas flashdisk itu sendiri. Perlu bapak dan ibu operator sekolah ketahui bahwa, flashdisk memiliki kurang lebih  10.000 – 100.000 kali dalam proses menulis dan menghapus file. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk meminimakan  proses tersebut dan juga jangan melakukan editing langsung dari flashdisk.

Note :
Apabila Bapak dan Ibu Operato sekolah memiliki Flashdisk, silahkan memberikan  gantungan seperti gantungan kunci pada flashdisk Anda. Mengata demikian?  Karena bentuknya yang kecil maka perlu diberi gantungan tali atau bandul agat mudah untuk menemukannya. Juga berguna untuk membantu tangan dalam memegang flashdisk yang ukurannya sangat kecil.

Baca tips tentang cara membeli USB Flasdisk agat anda tidak tertipu dengan barang murahan atau barang rekondisi, dan kenali USB tersebut Barang Asli atau KW dengan mudah

Semoga artikel tentang 8 Cara Merawat Flashdisk Agar Tetap Awet dapat sebagai Pedoman pelaksanaan Pengerjaan Aplikasi dapoodik di Lembaga Bapak / Ibu Operator semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel