Cara Mengobati dan Mencegah Urticaria

ISI HALAMAN SATU

Urticaria, juga disebut sebagai gatal-gatal, adalah kelainan kulit yang umum yang disebabkan oleh reaksi alergi dan non-alergi. Karena reaksi, kulit atau jaringan melepaskan histamin atau bahan kimia ke dalam aliran darah.
cara mengobati dan mencegah urticaria
urticaria
Urtikaria bisa akut atau kronis, menunjukkan gejala selama beberapa minggu sampai beberapa bulan. Gejala yang paling menonjol diangkat, benjolan gatal yang berwarna merah atau berwarna kulit.

Bila Anda menekan bagian tengah benjolan merah, ternyata putih (blansing). Ada juga yang mungkin gatal sekaligus sensasi terbakar atau menyengat. Meski tidak umum, gejala tambahan meliputi demam, kelelahan, masalah pencernaan dan nyeri otot.

Gejalanya bisa muncul di area manapun dari tubuh dan biasanya muncul mendadak. Namun, mereka tidak memar atau meninggalkan bekas luka apapun.

Beberapa pemicu umum meliputi makanan alergi (kacang tanah, telur, kacang-kacangan dan kerang), obat-obatan tertentu, sengatan serangga atau gigitan, paparan suhu yang sangat panas atau dingin, paparan sinar matahari, transfusi darah, infeksi bakteri atau virus, bulu binatang peliharaan, serbuk sari dan kontak dengan Tanaman seperti poison oak dan poison ivy.

Terlalu menggaruk, minuman beralkohol, olahraga dan stres emosional bisa memperburuk gejala.

Untuk mengobati dan mengelola gejala urtikaria, Anda dapat mengandalkan beberapa pengobatan rumah yang efektif. Ikuti pengobatan sampai kondisi Anda membaik. Namun, jika gejalanya berlangsung lebih dari sebulan atau kambuh dari waktu ke waktu, ketemu dokter.

Berikut adalah 10 cara terbaik untuk merawat dan mengelola urtikaria.

1. Kompres dingin

Kompres dingin bisa bermanfaat dalam mengurangi gejala urtikaria. Suhu dingin membantu mengecilkan pembuluh darah dan menghalangi pelepasan histamin lebih lanjut, yang pada gilirannya mengurangi gatal, pembengkakan dan sensasi terbakar.

  • Bungkus beberapa es batu dengan kain tipis dan letakkan di area yang terkena dampak selama 5 sampai 10 menit. Ulangi setiap beberapa jam.
  • Anda juga bisa mandi air dingin atau mandi untuk mendapatkan kelegaan.

Catatan: Jangan sekali-kali memasukkan es ke kulit.

2. Cuka Apel

Cuka sari apel adalah obat lain yang efektif karena antihistamin dan khasiat obat lainnya. Selain itu, dapat membantu melawan infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan atau memperparah masalah.
cuka apel dapat mengobati dan mencegah urtikaria
cuka apel
  • Isi bak mandi Anda dengan air hangat kemudian tambahkan satu sampai dua cangkir cuka sari apel mentah tanpa filter ke bak mandi. Rendam di dalamnya selama 15 sampai 20 menit sekali sehari.
  • Sebagai alternatif, cuka sari apel encer dengan jumlah air yang sama dan gunakan untuk mencuci area yang terkena dampak beberapa kali dalam sehari.
  • Pilihan lainnya adalah menambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke segelas air. Tambahkan sedikit madu secukupnya. Minum ini dua kali sehari.

3. Baking Soda

Baking soda membantu meringankan rasa gatal dan peradangan yang berhubungan dengan gatal-gatal. Selain itu, ini mencegah iritasi lebih lanjut.

baking soda dapat mengobati dan mencegah urticaria
baking soda

  • Siapkan campuran dengan 1 bagian baking soda dan 3 bagian air. Oleskan pada area yang terkena selama 1 sampai 2 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini sekali sehari sampai kondisi Anda membaik.
  • Sebagai alternatif, tambahkan ½ sampai 1 cangkir baking soda ke bak mandi yang berisi air suam-suam kuku. Campur dengan baik, lalu rendam dalam air ini selama 10 menit sekali sehari.


4. Oatmeal

Kandungan yang ada pada oatmeal antaranya sifat anti-inflamasi, anti-iritasi dan menenangkan yang dapat meredakan pembengkakan dan gatal-gatal. Bahkan bisa membantu kulit Anda sembuh dengan cepat.
oatmeal dapat mengobati dan mencegah urticaria
oatmeal

  • Tambahkan 1 sampai 2 cangkir oatmeal halus ke bak mandi yang berisi air suam-suam kuku. Rendam di dalamnya selama paling sedikit 15 sampai 20 menit. Nikmati mandi yang menenangkan ini sekali atau dua kali sehari.
  • Sebagai alternatif, tambahkan sedikit air ke ½ cangkir oatmeal. Sisihkan sampai terasa seperti konsistensi pasta. Oleskan pada kulit yang terkena, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini satu kali sehari.


ISI HALAMAN DUA

5. Aloe Vera / Lidah Buaya

Lidah buaya adalah obat lain yang efektif karena sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya. Gel lidah buaya membantu mengurangi kemerahan, bengkak dan gatal saat dioleskan secara topikal. Selain itu, sangat menyejukkan kulit.
lidah buaya dapat mengobati dan mencegah urticaria
lidah buaya

  • Ekstrak gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya.
  • Oleskan pada area yang terkena dan biarkan selama 20 sampai 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari sampai gejalanya jelas.


6. Basil / Kemangi

Sifat alami antihistamin kemangi membuat ramuan ini menjadi pengobatan yang efektif untuk gatal-gatal akut. Ini bisa melawan rasa gatal sekaligus mengurangi pembengkakan dan sensasi terbakar.
kemangi dapat mengobati dan mencegah urticaria
kemangi

  • Buat beberapa teh basil dan dinginkan di kulkas selama 30 menit. Gunakan teh dingin ini untuk mencuci area yang terkena 2 atau 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, gosokkan sedikit jus kemangi langsung ke kulit yang terkena. Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.


7. Daun Mint

Ramuan ini juga berguna dalam menghilangkan gejala urtikaria karena sifatnya yang anti-inflamasi, antiseptik, analgesik dan menenangkan.
daun mint dapat mengobati dan mencegah urticaria
daun mint

  • Campur 1 sendok teh masing-masing daun mint dan gula dalam segelas air. Panaskan campuran sampai mendidih, saring dan minumlah dua kali sehari.
  • Sebagai alternatif, tambahkan 1 sampai 2 sendok teh jus mint ke segelas air dan minumlah dua kali sehari.
  • Dalam beberapa hari Anda juga dapat mencuci area kulit yang terkena dengan menggunakan teh mint yang dingin.

ISI HALAMAN TIGA

8. Licorice

Licorice juga efektif dalam mengelola gejala gatal-gatal. Ramuan ini memiliki khasiat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan gatal. Selain itu, ia memiliki khasiat stimulan kekebalan tubuh yang akan membantu tubuh Anda melawan reaksi dengan cepat.
licorice dapat mengobati dan mencegah urticaria
bubuk akar licorice

  • Tambahkan 2 sendok teh bubuk akar licorice ke secangkir air panas. Tutup dan curam selama 10 menit. Saring, tambahkan sedikit madu dan diminum sekali atau dua kali sehari.
  • Anda juga bisa mengonsumsi ramuan ini dalam bentuk suplemen, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Anda bahkan bisa mencoba over-the-counter gel atau lotion yang mengandung ekstrak licorice. Terapkan di daerah yang terkena dampak beberapa kali sehari.


9. Kunyit

Menurut Ayurveda, kunyit merupakan pilihan pengobatan yang baik. Bumbu ini memiliki sifat anti-inflamasi, antihistamin dan antioksidan yang dapat membantu mengobati banyak gejala sarang kronis. Bahkan bisa mencegah kekambuhan.
kunyit dapat mengobati dan mencegah urticaria
bubuk kunyit

  • Rebus 2 sendok teh bubuk kunyit dalam 2 cangkir air hangat selama 10 menit. Minumlah sekali atau dua kali sehari.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kunyit, tapi baru setelah berkonsultasi dengan dokter.

Catatan: Kunyit mungkin tidak sesuai untuk orang yang mengencerkan obat pengencer darah.

10. Tawas

Pengobatan Ayurveda lain yang efektif untuk urtikaria adalah tawas. Ini memiliki sifat astringen dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, bisa mencegah infeksi.
tawas dapat mengobati dan mencegah urticaria
tawas

  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk alum ke secangkir air hangat. Gunakan larutan ini untuk mencuci area yang terkena 2 atau 3 kali sehari.
  • Anda juga bisa memercikkan beberapa bubuk tawas langsung ke daerah yang terkena. Tunggu 5 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi sekali sehari.

Tips Tambahan

  • Anda dapat menggunakan obat antihistamin bebas untuk mengobati masalah ini.
  • Identifikasi pemicu Anda dan cobalah untuk menghindarinya.
  • Hindari sabun keras dan bahan kimia lainnya yang bisa memperburuk kondisi kulit Anda.
  • Tekanan konstan bisa memperburuk kondisi Anda, jadi pakailah pakaian longgar.
  • Mereka yang sensitif terhadap suhu ekstrim harus menghindari paparan udara dingin dan panas.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Bekerja dan tidur di kamar yang sejuk.
  • Kurangi stres karena bisa membuat kondisi Anda semakin buruk.
  • Tingkatkan jumlah makanan kaya vitamin C dalam makanan Anda.
  • Hindari mandi air panas dan mandi sampai gejala benar-benar hilang.
  • Beritahu dokter Anda segera jika Anda menduga bahwa obat tertentu menyebabkan gejala urtikaria.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel